Horeee….Bekasi Punya Pelabuhan Laut Internasional!

Standar

“Alhamdulillah…..udah di setujui ya pak, ” kata Alek, salah seorang warga kepada saya setibanya saya di Gedung ALU Centre, CBL Babelan.
Alek, yang juga Kepala BPD desa Harja Mekar, nyengir bahagia. Di kepalanya mungkin terbayang perubahan wilayah bisa bermakna kepada perubahan nasib saudara-saudaranya.
“Syukurlah lah pak….mudah-mudahan bisa kasih peluang kerja buat temen-temen….” Mandor Namin menambahkan. “Soalnya banyak yang nanyain dan ngarep-ngarep ada yang bisa dikerjain….” Imbuhnya.
Alek dan Namin cermin kebanyakan orang Bekasi Utara. Mereka butuh kerja dan tentu penghasilan. Keduanya berharap peluang kerja dan usaha bisa tersaji di Pelabuhan yang baru saja disetujui DPRD. Menurut sejumlah sumber, diperkirakan pelabuhan ini akan menyedot tenaga kerja sebanyak 10 ribu orang. Pelabuhan ini diperkirakan membutuhkan biaya Rp. 7,6 Trilyun. Biaya ini dipanggul oleh konsorsium swasta yakni PT Mega Agung Nusantara.
Pelabuhan internasional disetujui DPRD Kab. Bekasi. Melalui perjalanan panjang dan berliku akhirnya rakyat Bekasi Utara bisa bernafas lega. DPRD Kab. Bekasi, hari ini (23 Maret 2010) menyetujui pembangunan pelabuhan internasional di Kecamatan Tarumajaya. Pelabuhan internasional tersebut berada di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi atau tepatnya di tiga desa, Segara Jaya, Buni Bakti dan Samudera Jaya.
Dari sejumlah info, disebutkan Pelabuhan Internasional Terminal Bekasi ini merupakan bagian dari konsep teluk Jakarta yang berada di bawah naungan Badan Otorita Teluk Jakarta (BOTJ). Selain pelabuhan Bekasi, BOTJ juga membawahi Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara dan Pelabuhan Teluk Naga di Tangerang.
Pelabuhan Bekasi memiliki kedalaman hingga 21 meter sehingga layak untuk menjadi sandaran kapal-kapal besar sebab Pelabuhan Tanjung Priok tidak bisa digunakan karena tingkat kedalamannya hanya 14 hingga 18 meter.
Adanya pelabuhan ini diharapkan juga menjadi alternative dari over loadnya Pelabuhan tanjung Priuk.
Pemkab Bekasi Juga berupaya membuka Jalur transportasi menuju pelabuhan tersebut yang disebut Jalur Lintas Utara. Jalur itu akan melintasi Jalan Marunda (Jakarta Utara)-Tarumajaya-Sungai Cikarang Bekasi Laut (CBD-Sukatani- Cabangbungln-hingga ke Karawang sepanjang sekitar 29 kilometer.[jawarabekasi]

Iklan

21 pemikiran pada “Horeee….Bekasi Punya Pelabuhan Laut Internasional!

  1. Good News kang komar…
    Mudah2an Bekasi makin maju & makin memberikan kontribusi bagi NKRI…hehee….
    Thanx..

    • mantaf juga kang, perlu mobilisasi dari pendekar asgar untuk mendidik orag bekasi utara sejumlah ketrampilan……
      seperti ITB (ikata tukang bubur)
      PTIK (pERSATUAN TUKANG CUIKUUR)
      UBK ===usaha bubur kacang ijo

  2. smg ini adalah sebuah uluran nikmaNya yg jgn sampai menjadikan kt kufur kpdNya sehingga berubah menjadi sebuah getaran kemurkaaNya kpd kt.

  3. mudah2an pelabuhan ini bisa membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat sekitar, terutama dalah hal ekonomi dan budaya Bekasi tetap eksis tidak tergerus oleh masuknya budaya luar yg cenderung negatif……

    salam

  4. Wuiiiih mantap juga nantinya Kabupaten Bekasi, jadi ngiri neh soalnya aye kan di Kota Bekasi, makasih bang komar atas infonya

  5. alhamdulillah…….. semoga bekasi utara bs sama dg kota singapura…..
    (salam 2k : P sanusi, P ustadz Acip, Bang Alex & kawan2 lainnya)….

  6. alhamdulillah, akhirnya bekasi utara punya pelabuhan pendamping tanjung priok taraf internasional..kalau jadi saya ingin kerja disana..kira2 jauh ngak dari pondok ungu (bekasi utara)?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s