Kab. Bekasi : Wisata Mancing di Kampung Belacan

Standar

Sabtu malam minggu di jembatan CBL. Pasti saja bersliweran pengendara dengan tas di belakang. Di tas ransel itu ada joran, reel beserta benangnya, pelampung, syopper pelampung. Terus, ada juga yang membawa korang (alat penampung ikan terbuat dari bamboo). Ada juga yang bawa serokan, wadah umpan dan lain sebagainya. Gile gak…malam-malam yang dingin. Bukannya di rumah ngelonin bini malah ke rawa-rawa yang isinya nyamuk, jangkrik. Ditambah bakau, pohon atep dan burung. Emang kalo udah hobi susyeeeh…! Yup, tebakan dalam hati Andi benar. Mereka adalah para hobiis memancing yang sedang menuju kampung Belacan, desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong. Mereka bisa bebas memancing di rawa-rawa yang masih bebas. Dan, luar biasanya mereka bisa bertahan dari malam hingga sore. Tidak tidur. Cukuplah duduk menunggu jorannya bergerak. Tanda ada ikan yang melahap. Sembari klepas klepus menghisap jinggo. Lucunya, eh, ini menurut saya yang tidak hobi mancing ya. Kalau seharian apes. Gak dapet ikan sama sekali. Atau, sedikit. Dapetnya betiiik melulu. Mereka gampang saja kemudian membeli ikan yang banyak di jual di sepanjang jalan pulang dan pergi. He..he,…emang kalo hobi susyeeeeh….! warung tempat naro motor warung tempat naro motor Positifnya, kehadiran para pemancing itu mampu menggerakan roda ekonomi masyarakat. Sepanjang jalan Pertamina. Dari CBL, Cabang 4, Jembatan kuning, kampung gedong, pondok dua, hingga Kampung Belacan, banyak penduduk yang berjualan cacing. Dan, tentu saja yang tadi : jualan ikan. Selain itu, buat keamanan, jangan takut. Banyak mandor-mandor di sana yang siap mengamankan para pemancing. Karena biasanya, para mandor ini punya saung: warung yang ramenya emang malam sabtu, malam minggu dan hari-hari libur. Sayangnya, potensi ini tidak dilirik sebagai peluang bisnis yang mestinya di stimulasi oleh Pemda Kab. Bekasi. Jalan berbeton Cuma sampai Cabang 4. Sisanya masih tanah. Becek Gak ada ojek. Aih, seandainya jalanan berbeton semua. Pasti akan lebih ramai lagi para pemancing ini. Masyarakat juga gak perlu demo ke Pertamina EP yang ngebor daerah situ. Oh ya, daerah ini dulunya rawa-rawa. Pas ada titik pengeboran maka dibuatlah jalan masuk ke daerah ini. Maka terbukalah rawa-rawa itu sehingga memudahkan para pemancing. Para pemancing pun bisa mendapatkan sensasi, ‘betottannnya itu lho…..’ Buat para Hobiis mancing yang mao datang ke lokasi gampang koq. Kalau dari staisun kereta ke arah pasar Babelan. Dari pasar Babelan teruuuus luruuuus sampai ketemu jembatan CBL. serratus meter dari jembatan, sebelah kanan ada kantor ALU Centre, lalu 50 meter kemudian belok kiri. Sampai Cabang empat belok kanan. Terus ke arah Belacan. Bingung ya…sama1 Gampangnya uda sampe babelan nanya deh. Atau telpon saya, ntar saya pandu. Pokoknya mancing ikan ya…Buka mancing konde, kagak ada! [jawarabekasi]

Iklan

11 pemikiran pada “Kab. Bekasi : Wisata Mancing di Kampung Belacan

  1. pemerintah kita emg sering dan bahkan kagak tangkap akan potensi2 bisnis seperti itu pak, maklum, mungkin memang mereka sibuk dengan kegiatan lain.
    padahal, klo digarap tentu jadi devisa pemerintah setempat…

  2. Coba yaa . . . kalau info dan foto tempat2 mancing
    di bekasi di banyakin di portal ini, pasti para mancing
    mania bekasi akan lebih mudah mencari tempat
    rekreasi mancing yang akan di tuju.

    Hidup Manciang mania. . . .

  3. ppernah juga kesana bulan mei lalu, diantar pakai kemuara sungai, sudah masuk laut kayaknya. kita mancing di “villa” yangmereka bangaun untuk pemancing. villanya dibangun ditempat yang sangat dipengaruhi pasng. mancing sore pasang dari laut membawa pancing kearah sungai, sebaliknya pagi hari kearah laut. lokasinya kayaknya dangkal dan berlumpur, gak ada ikan. saran saya, mancing ada disungai blacan, sewa perahu, pasang jangakr ditengah sungai, lempar pancing kearah pinggir dibawah mangrove, yakin ada kakap dll.

  4. salam STRIKE””uh,bgus bner gan mncing daerah gembong,pondok,nawan n blacan ane udh hmpir 7 thun mncing,lokasi enak strike trus,plihan ikan byk tp ane sring dpt ikn Sembelang,ane fokus pd kakap putih yg ada dimuara blacan,,,ada kendala n ini sya ksh tipsnya”’saya menyarankan kepada para peMancing yg ingin mncing kedaerah tsb,gan,jgn dibiasakan gan ksh UANG berlebih kpd Org empang,krn nnti akan jd bomerang bgi para pemancing pemula yg ingin mncing ktmpt itu gan///

  5. KALAU AKU SIH BELUM PERNAH DAPAT MANCING KAKAP, MASLAHNYA PAS MANCING KE BABELAN PAS UJAN MALEMNYA JADI GAGAL DECH MANCING KKAKAPNYA,UNTUNG DI TEMPAT TEMEN JADI DI OBATIN PAGINYA MANCING BANDENG POKE SHIIIIP.
    GITU AJA BRO.

  6. saya sering mancing di belacan tp sayangnya..ya gitu deh jalanan terjal berdebu.. kl musin ujan nangis ….

  7. Salam knl, pr strEker mania, sy mao’ nnya mancing yg? Banyk ikan nyh dimana ya? Sy mancing blacan udh pernah tp ora’ ad ikan nyh? Di daerah beting udh pernh, banyk sih kn nyh? Tp jauh bngt, kalu di daerah pondk 2 dimana nyh ya? Tp dilaut nyh? Yg banyak kn nyh? Biar agk deketan gan? Kalu di beting jauh? Udh jln nyh licin? Kali para strEker mania tau’ tmpt nyh? Kasih tau’ dong?

  8. Cma tips ja broder penggila strike.kalo di blacan efektifnya mancing tuh malam.karn waktu pasang it sore hari ampe pagi.ngk usah smpe ke muara tau kali nya.ckup cari tambak yg ada pintu airnya.udah ngk usah jauh2 lemparin ja th umpan udang idup pke plampung ma skotlet biar klihatan.di dpan pintu air yg airnya arah ke tambak.krn kan airny masuk dri sungai2 kcil krna pasang.nah disitulah biasany ikan2 laut yg ad di dlm tambak ngumpul karna ad maknan kyk plangton,ikan2 kcil ma udang yg g pada maen ngejar air masuk.biasanya yg makan it ikan kakap putih,payus tau bandeng lanang,bualan2 dll.umpany udang idup ngk perlu udang putih krn sush di dapat,ma gampang mati.cukup pake udang api2 ja.nah tinggl nunggu dh apakah anda beruntung pa shue.it trgantung amal perbuatan ad..tanks smoga sukses.salam daenk cah prhokeem.si tampan gelisah penggila strike.

  9. klo..soal..ke..belacan..mah…ngk..ada.bosennya…minggu..rencanax..mo..ke belacan…mo..nyoba..nyebrang..di..jembatan..baru..dkt..warung..c..babeh……ayo…yang..mo..gabung..kita..come,on……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s